1. Pengertian Media Sosial
- Sosial Media adalah sebuah media online, dimana para pengunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial termasuk facebok, LinkedIn dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
- Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
- Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan sosial media sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptan dan pertukaran isi dalam media social yang dapat dilakukan oleh para pengguna terdaftar (user-generated content)".
- Kesimpulan: Sosial Media adalah sebuah media online, dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
2. Pemanfatan Viral Marketing
Viral marketing (Pemasaran Viral), biasa diangap sebagai iklan virus, atau pemberitahuan spontan (buz) tentang pemasaran dan merupakan istilah-istilah yang mengacu pada teknik pemasaran yang mengunakan layanan jejaring sosial yang sudah ada dan teknologi lainya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merek atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk) melalui proses virus mereplikasi dir, pemasaran viral ini sering dianalogikan dengan penyebaran virus atau virus komputer (melalui internet dan jaringan lokal) yang terutama dikenali oleh sebagian besar antivirus yang dikenal juga sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising). Hal ini dapat disampaikan dari mulut ke mulut atau ditingkatkan oleh efek jaringan internet dan jaringan mobile. Viral marketing dapat berupa klip video, game interaktif Flash, advergames, eboks, software brandable, gambar, pesan teks, pesan surat elektronik, atau halaman web.
Untuk melakukan viral marketing dapat bekerja dengan baik dengan mempertimbangkan etika penyampaian atau penggalian informasi, maka perlu dilakukan penyampaian informasi yang sebenarnya kepada calon penerima pesan dan dilakukan dilingkungan yang tepat bagi mereka sebagai calon pelanggan. Sebagaimana disampaikan profesors Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, dengan mengenal tiga bagian berikut;
- Penyampai Pesan: Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukan untuk memastikan transformasi pesan biasa yang dikenali sebagai sebuah virus: para ahli pasar, hubungan sosial, dan penjual.
- Pesan: Hanya pesan yang mudah diingat dan cukup menarik untuk dapat diteruskan kepada orang lain yang memiliki potensi untuk memacu fenomena viral marketing.
- Lingkungan: Lingkungan sangat penting dalam kebangkitan viral marketing yang sukses, perubahan kecil dalam memimpin lingkungan untuk dapat memperoleh hasil yang besar, dan orang-orang yang jauh lebih sensitif terhadap lingkungan.
Berbagai media yang sering dilibatkan dan dimanfaatkan oleh Viral marketing, antara lain sebagai berikut;
a) layanan partisipasi pelangan dan poling;
b) kontribusi organisasi-Industri khusus;
c) mesin pencari internet dan blog;
d) integrasi smartphone Ponsel;
e) beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung;
f) layanan web target pemasaran;
g) Search engine optimization (SEO);
h) Sosial media optimasi (SMO);
i) televisi dan radio;
Target Pemasaran Viral didasarkan pada tiga prinsip penting, antara lain.
a) Berkumpulnya profil dalam media sosial.
b) Kedekatan analisis pasar.
c) Analisis Real-time ketepatan kata kunci.
3. Macam-macam pemasaran melalui media sosial (facebook, linkedin, twiter, pinterst)
Facebook adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun bisnis. Ada begitu banyak orang yang menghabiskan sejumlah besar waktu pada platform Facebook untuk berkomunikasi dengan orang-orang. Orang mengunakan Facebook sebagai cara mengunakan jejaring sosial untuk bisnis.
Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :
- Gunakan tab customized, ketika Anda membuat halaman bisnis Anda di Facebook, Anda dapat melihat bahwa halaman bisnis dilengkapi dengan sejumlah tab yang dapat disesuaikan.
- Tujuan dari halaman bisnis: Anda harus selalu memahami persis mengapa Anda membuat halaman bisnis dan tujuan utamanya.
- Mengubah urutan tab Facebook: Anda harus mengatur urutan tab Facebook Anda untuk membuatnya logis dalam pandangan para calon pelanggan.
- Konsistensi dalam posting konten: Anda juga harus menjaga konsistensi dalam posting isi halaman bisnis Anda.
- Tetapkan tujuan yang realistis. Jangan berharap untuk mendapatkan ribuan pengemar dalam bulan pertama Anda, tetapi berpikirlah realistis dengan puluhan atau ratusan dahulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untuk pencapaian yang besar di masa mendatang.
- Luangkan sedikit waktu Anda: Cobalah untuk menyisihkan waktu Anda, paling tidak satu jam sehari untuk update posting facebook tentang bisnis Anda dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan penggemar.
- Pelajari sebanyak yang Anda mampu. Ambil catatan berdasarkan pengalaman Anda dengan halaman Facebook dan layanan bisnis lainya, tulislah pertanyan tentang hal-hal yang Anda tidak mengerti sehingga Anda dapat membuat catatan untuk dapat Anda lihat jika nanti diperlukan.
- Mulailah dengan anggaran kecil: Anda dapat memulai melakukan iklan tes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan untuk iklanya, efektif atau tidak, dan kemudian Anda dapat meningkatkanya ketika Anda mengetahui mana demografi dan kata- kata kunci yang ingin Anda targetkan dan dapat menghasilkan return ofi nvestment (ROI) yang bagus.
- Buatlah halaman Fanpage bukan profil: Jangan membuat profil baru untuk bisnis Anda, karena itu menyalahi aturan, jadi buatlah halaman fanpage untuk bisnis Anda. Setelah Anda buat fanpage, undanglah semua teman-teman Anda agar menjadi fans pertama dari halaman facebok Anda.
- Update status dengan yang keren-keren: Update-lah status facebok fanpage Anda dengan status keren dan cerdas yang dapat mendorong teman Anda untuk terlibat aktif dengan halaman bisnis Anda.
- Jangan kirim spam: Orang-orang telah cukup banyak menerima spam di email atau Inbox mereka, dan pastinya akan sangat tergangu jika Anda ikut-ikutan mengirmkan pesan langsung ke inbox/email mereka.
- Promo kupon diskon: Berikanlah kupon diskon untuk menarik peminat pembeli Anda, agar mereka berminat untuk membelinya / berlanganan di tempat Anda.
- Tawarkan membership: tawarkan membership atau keangotan dengan berbagai macam tawaran menarik jika menjadi angota dan berlanganan di tempat Anda, yang tidak dapat didapatkan kalau hanya membeli putus saja, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis Anda menjadi lebih besar.
4. Pemasaran menggunakan Media Video
Pemasaran mengunakan video merupakan perluasan model pemasaran tetapi berfungsi sebagai media alternatif bagi perusahan atau lembaga untuk menyampaikan pesan mereka kepada masyarakat yang lebih luas, dan mendapatkan lebih banyak tangapan. Menjadikan media audio visual, yang merubah artikel menjadi video dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca artikel tentang penyampaian pesan atau iklan.
Beberapa perangkat lunak opensource/freware yang dapat kita gunakan untuk mengolah video sebagai media pemasaran adalah sebagai berikut;
a) Avidemux (htp:/avidemux.sourceforge.net/download.html - win, linux)
b) Blender (htp:/www.blender.org/download/ - linux, windows, mac)
c) Cinelera (htp:/cinelera.org/geting_cinelera.php - linux )
d) Kdenlive (htp:/kdenlive.org/ - linux, mac)
e) Kino (htp:/www.kinodv.org/article/static/1 - linux)
f) OpenShot (htp:/www.openshot.org/download - linux)
g) VirtualDub (htp:/www.virtualdub.org/download.html)
h) Lightworks (htp:/www.lwks.com)
i) Pinacle Videospin (htp:/videospin.en.softonic.com)
j) Windows Movie Maker (htp:/www.windows-movie-maker.org/)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar